Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 06 September 2008

PPL juga Manusia…!?!?!

SMANSA kedatangan tamu?? Ya.. mungkin bisa dibilang seperti itu. Tapi kali ini bukan tamu biasa. Siapa mereka? Mungkin ini hal yang biasa di SMANSA, karena memang sudah menjadi rutinitas guru PPL mengajar di sekolah ini. Namun sampai saat ini masih banyak pihak yang meragukan kinerja PPL. Apakah keraguan itu beralasan??
Yang pasti setiap persepsi punya argumen tersendiri., termasuk mengenai hal yang satu ini. Kinerja guru PPL masih diragukan karena beberapa faktor, yang sebenarnya berpusat pada satu hal. Kurangnya pengalaman dalam mengajar ditunjuk sebagai alasan utama.
Hal ini tentu harus dimaklumi, karena kita sama-sama belajar untuk menuntut ilmu dan belajar untuk mencari pengalaman. Mungkin karena proses inilah yang membuat guru PPL seringkali diremehkan, termasuk oleh siswa itu sendiri. Tidak semua guru PPL seperti itu, karena tersimpan potensi besar dalam dirinya sebagai seorang guru. Bahkan tidak jarang PPL menerapkan sistem belajar yang lebih baik dibandingkan dengan guru yang sudah lebih dulu mengajar. Hal ini mungkin karena usia siswa dan PPL yang hanya terpaut beberapa tahun, sehingga memudahkan proses interaksi.
Persepsi bahwa PPL hanya main-main, sepertinya kurang beralasan. Bagaimanapun juga mereka adalah guru yang patut dihormati. Walaupun dituntut untuk tampil sempurna, namun mereka tetap manusia, punya rasa dan punya hati. Sebagai siswa di sekolah berlabel Internasional, sudah sepantasnya kita menghargai dan menghormati mereka layaknya seorang guru. Semua guru awalnya juga seorang PPL. Namun waktu dan pengalaman jualah yang menghantarkan mereka menjadi orang yang sangat dihormati, karena jasanya dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas. Jadi,, hargailah PPL. Karena PPL juga manusia….!!!!!!

Tidak ada komentar: